Mencapai UK 36 Minggu

Niat membuat postingan tentang kehamilan ketiga ini ternyata sebatas angan-angan belaka. Rasa malas kadarnya lebih besar dari niat menulis hahaha…

Kali ini ingin membagi kebahagiaanku sudah mencapai usia kehamilan 36 minggu, yiiippiiiiiee… Menjalani kehamilan ketiga ini dengan rasa was-was, mengingat usiaku yang sudah kelewat matang, akhirnya bisa lega aku dan bayiku dalam perut ini sehat-sehat saja hingga di UK 36 minggu. Tidak perlu lah sok fit segar bugar, hamil di usia akhir 30-an ini memang terasa melelahkan. Kuncinya adalah mendengar dan percaya apa yang tubuh kita sampaikan. Kalo terasa capek, istirahatlah. Kalo setiap siang terasa ngantuk berat, tidurlah. Jangankan banyak aktifitas, duduk agak lama pun membuat pinggul lelah. Padahal bangkit dari duduk pun butuh perjuangan menahan linu di bagian bawah sana. Aku mulai mencoba beberapa gerakan senam hamil yang aku ingat untuk meredakan pegal di pinggul belakang, sendi paha, telapak kaki, sejak UK masuk sekitar 24 minggu. Cukup membantu meredakan rasa pegal itu dan membantu tidurku lebih nyenyak. Setelah UK 34 minggu, aku mulai berusaha rutin ikut senam hamil di Hermina. Beberapa kali aku juga merelakan diri tinggal di rumah sendiri ditinggal suami dan anak yang rewel minta jalan-jalan atau menghadiri acara keluarga, karena aku tahu bakal bete sendiri kecapekan kalo memaksa ikut. Tapi seiring UK semakin tua, aku juga protes ke pak suami tidak mau ditinggal sendiri. Kalo ada apa-apa, aku minta tolong ke siapa dong?

Hal yang terasa berat adalah di UK memasuki 2oan minggu, tiba-tiba sendi-sendi paha, selangkangan dan sekitarnya terasa nyeri hebat ketika aku mengangkat kaki, berjalan, bangkit dari posisi duduk atau berbaring. Gerakan memakai celana yang harus mengangkat kaki satu per satu bergantian, membasuh kaki saat berwudhu, bangkit dari posisi duduk atau berbaring, menjadi hal yang menyiksa. Rasanya dulu di kehamilan pertama aku tidak merasakan sesuatu senyeri ini. Meskipun setelah browsing aku tahu hal ini  normal karena ada produksi hormon yang melenturkan sendi-sendi di area bawah sana untuk persiapan meregang dalam proses persalinan, tetap saja aku berpikir gejalanya datang terlalu dini. Setelah konsultasi ke Dokter, memang disarankan melakukan senam hamil atau pregnancy yoga untuk menghilangkan keluhan-keluhan semacam ini. Makanya aku mulai senam sendiri di rumah sejak UK sekitar 24 minggu, meski ada yang berpendapat sebaiknya senam hamil dilakukan setelah UK 28 minggu. Berbekal browsing gerakan senam hamil dan mengandalkan ingatan gerakan senam hamil saat hamil pertama dulu, tubuhku lumayan bereaksi. Paling tidak, nyeri dan pegal berkurang setelah melakukan beberapa gerakan senam. Favoritku adalah melakukannya beberapa hitungan sebelum waktu tidur, jadi saat bangun tidur nyeri dan pegal menghilang.

Di UK sekitar 33-35 minggu kemarin, rasa-rasanya kontraksi palsu yang kurasakan begitu dahsyat. Perut keras seperti batu, dan kadang terasa nyeri sedikit di bagian perut. Apalagi kemarin sempat memaksa diri beberes rumah karena ada pekerjaan renov kecil-kecilan di rumah. Kegiatan beberes dengan slow motion jika dilakukan selama dua jam, cukup membuat perut tegang. Kalo sudah begini, aku cepat-cepat merebahkan diri, barang sekitar satu jam. Nanti lama-lama ketegangan di perut akan berkurang. Memang gerakan bayiku terasa lebih heboh dibandingkan dengan kehamilan bayi pertamaku dulu, dan menurut Dokter gerakan bayi ini juga bisa menyebabkan perut terasa nyeri.

Tapi selebihnya dari keluhan mudah lelah dan pegal-pegal dimana-mana, aku masih bisa nyetir sendiri dengan jarak yang cukup lumayan, tidak mengalami mual berlebihan, hasil tes darah dan urin bagus, dan hingga konsultasi terakhir di UK 33 minggu kemarin Dokter masih percaya aku akan bisa menjalani proses melahirkan spontan. Semoga, aamiin!

 

Leave a Reply

