Campak Mini

Campak mini atau bahasa awamnya tampek. Baby Farrell kena campak mini. Awalnya pilek di hari Sabtu. Aku agak heran juga, dapat pilek dari mana? Orang serumah sehat – sehat aja. Dikasih aja obat pilek. Hari Senin si Embak bilang Farrell demam, dan minta dibelikan obat penurun panas karena persediaan di rumah sudah habis. Aku tidak sempat mampir ke apotik, jadi aku sms suamiku belikan semua obat penurun panas, obat pilek, dan obat batuk untuk jaga – jaga. Aku masih mengira ini sakit flu biasa, Farrell sudah pernah kena batuk pilek demam. Pas Maghrib aku lihat di kakinya ada bentol merah. Aku khawatir dia kena Demam Berdarah.

Malamnya, aku mulai khawatir, demamnya cukup tinggi. Baby Farrell masih tidur seperti biasa, jam 7 malam setelah aku memberinya obat penurun panas dan obat pilek. Jam 10 malam, Farrell bangun. Dia tidak mau tidur lagi, jadi aku menemaninya bermain sambil menonton televisi. Jam 12 malam, bayiku belum juga tidur. Aku raba dahinya, terasa hangat, perkiraanku 38 C. Aku beri lagi dia obat penurun panas. Farrell tertidur.

Jam 2 malam bayiku terbangun lagi dan menangis, aku gendong. Aku kira dia haus, tetapi botol susunya ia tolak. Terus saja Farrell merintih berjam – jam, membuat aku dan suamiku kebingungan. Kami bergantian meninabobokan Farrell, tapi sia – sia. Berjam – jam Farrell minta gendong sambil terus menangis. Menjelang pagi aku lihat ada semacam bekas luka kemerahan di dada kanan mengarah ke leher.

Hari Selasa. Farrell baru tidur kembali jam 6 pagi. Aku memutuskan tidak berangkat kerja hari ini. Seharian kemudian Farrell sering menangis. Nafsu makan turun, minum susu juga berkurang. Demamnya cukup tinggi, menjelang sore aku ukur suhu badannya menunjukkan 37,1 C, sudah agak mendingan dibanding tadi siang. Kedua betisnya mulai muncul bentol – bentol kecil kemerahan, begitu juga telapak kakinya. Aku mulai curiga ini semacam penyakit cacar air. Mbak Ipah bilang mungkin Farrell terkena tampek. Dalam pikiranku, tampek itu campak.

Aku mulai searching di internet mengenai penyakit campak pada bayi. Gejalanya mirip dengan yang dialami Farrell. Hanya Farrell tidak batuk dan tidak sampai diare. Aku baca di situs itu penyakit ini akan sembuh sendiri dalam waktu mencapai 9 hari. Pengobatan dilakukan untuk meredakan gejalanya seperti batuk, pilek, demam, dan diare. Dan yang penting asupan gizinya dijaga.

Aku lega. Setidaknya gejala yang dialami Farrell tidak separah yang disampaikan di situs itu, dan aku sudah memberi obat yang diperlukan untuk Farrell. Malam itu Farrell bisa tidur, tidak rewel seperti malam sebelumnya. Aku terus memberinya obat penurun panas dan obat pilek. Seharian ini Farrell terlihat lesu, minta gendong terus, tidak ceria, dan tidak berceloteh seperti biasanya.

Hari Rabu. Keesokan paginya, ruam – ruam merah di badan Farrell semakin meluas. Sekarang tangan dan betisnya sudah tertutup ruam – ruam merah. Aku memang berencana membawanya ke Dokter pagi ini. Dokter langsung kaget ketika aku menyampaikan kemungkinan Farrell terkena campak. Nampaknya penyakit campak ini memang berbahaya, yang aku baca, bisa menyebabkan radang otak segala. Farrell memang belum imunisasi campak, jadwalnya bulan Januari 2012 nanti, setelah usianya 9 bulan. Dokter lalu memeriksa Farrell dengan teliti. Kemudian menyimpulkan, ini campak mini, Farrell tidak diare, dan masih bisa aktif, 2 – 3 hari mendatang bisa sembuh. Aku lega, seram sekali aku dengan penyakit campak yang betulan. Dokter cuma meresepkan puyer untuk mempercepat hilangnya ruam – ruam di kulit dan vitamin. Obat penurun panas dan obat pileknya masih bisa aku teruskan. Aku cuma perlu memperbaiki dosisnya karena berat Farrell sudah lebih 10 kg.

Hari Jumat. Sekarang Farrell sudah sehat. Demamnya sudah turun, pileknya masih sedikit.

Hari Sabtu. Ruam di kulitnya mulai menghitam.

Hari Minggu. Ruam di kulitnya yang menghitam mulai mengelupas sedikit. Aku kira akan butuh 2 mingguan sampai kulit Farrell bersih kembali.

Leave a Reply

