Menyusui

Aku pikir menyusui itu mudah. Tidak sodara – sodara. Apalagi ASI ku belum keluar sampai bayiku sudah lahir. 2 hari, air susunya masih belum ada. Ketika akhirnya ada, masih sedikiiiiit sekali, dan bening (itu yang namanya colostrum). Itu juga harus dibantu dipencet dulu di sekitar puting baru keluar. Ketika di Rumah Sakit aku sering bertanya ke perawat dan Bidan, kapan kira – kira ASI ku akan mulai banyak? Ada yang bilang 2 hari, ada yang bilang 4 hari paska persalinan. Seorang teman yang sepertinya sudah ahli dalam hal persusuan bayi bilang, bisa sampai seminggu. Ia juga yang lalu menanyaiku,

“Yakin kamu ngga mau pakai susu formula tambahan dulu sebelum ASI mu banyak?”

Betul juga kupikir, bayiku kan tetap perlu minum meski bukan ASI. Belum lagi di awal – awal menyusui itu, ternyata rasanya sakit. Bayi, dengan hisapan dan lidahnya bisa mengelupas kerak di puting susu, dan itu rasanya periiihhh banget. Sewaktu aku memompa ASI untuk pertama kalinya, sampai keluar darah sedikit. Tapi tahan saja dan teruskan aktifitas menyusuinya, kalau putingnya sudah bersih dari kerak dan kulit yang mengelupas tadi, ASI nya jadi lancar kok keluarnya.

ASI ku sampai 4 hari belum keluar banyak, meski ketika sempat memompa di Rumah Sakit bisa menghasilkan 45 ml untuk kedua payudaraku. Kata perawat itu sudah cukup banyak. Aku merasa ASI ku sudah mulai banyak pada hari ke-7 paska persalinan, saat itu air susunya sampai menetes sendiri. Masalahku belum selesai, karena bayiku juga belum pandai menyusu. Sebetulnya dia sudah pandai menghisap, tetapi dia tak sabaran dan jadi nangis teriak – teriak waktu menyusu. Mungkin sudah nyaman minum ASI perah yang diberikan pakai dot. Kalau tidak, baru menyusu 5 menit, dia sudah molor. Tidur. Acara menyusunya jadi kurang efektif.

Masih semangat dengan ASI, semoga aku dan bayiku akan tambah pinter masalah ASI ini.

One thought on “Menyusui

  1. Halo,mom..salam kenal yah… Saya juga lagi bingung sama babyku (20days) , tiap menyusu, belum sampai 5 menit sudah tertidur, kadang tidak lama kemudian sudah menangis lagi, tapi tidak jarang juga bisa tidur hamPir 2 jam. Saya jadi khawatir apakah dia sudah cukup kenyang atau tidak. Trus dia juga sulit sekali dibangunkan kalau sudah tertidur. Mom ada tips ga yah? Makasih…

    Halo Nicole’s Mom,
    Salam kenal juga. Kebiasaan bayi memang begitu sih sepertinya. Memang harus dibangunkan buat minum, kalo engga nanti khawatir dianya kurang cairan. Dulu aku diajarin perawat nih, dikitik-kitik pelan di kakinya atau kupingnya biasanya bayi jadi bangun lagi, trus mulutnya jadi aktif ngisep lagi. Semoga bermanfaat ya tips nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s