Ngidam

Beautiful pregnant womanApakah semua ibu hamil mengalami ngidam? Kalau kata ibu bidan yang juga instruktur senam hamil sih katanya itu sugesti. Mungkin memang ada keinginan makan sesuatu selama hamil, tapi ya ngga harus saat itu juga harus dipenuhi, misalnya tengah malam trus nyari yang jualan kue pancong… Beberapa artikel bilang, ngidam itu menunjukkan adanya kekurangan zat tertentu pada ibu hamil, misalnya yang sering kan ngidam makan yang asem – asem, bisa jadi si ibu hamil sedang defisit vitamin C, makanya jadinya kepingin makan buah – buahan.

Di masa kehamilan muda, rasanya aku tidak mengalami ngidam. Sempat sih kepingin makan rujak, tapi ya ngga sampai heboh, aku cukup dengan tenang belanja beberapa jenis buah – buahan, gula jawa dan cabe, lalu rujakan sendiri di rumah. Betul – betul aku yang menghabiskannya sendiri, karena kata suamiku mangganya terlalu asem. Seingatku hanya itu, itupun aku belum ngeh kalau hamil, belum melakukan test kehamilan. Soalnya memang kehamilanku rada aneh sih ya. Aku periksa ke dokter usia hamilku sudah 14 minggu, ketika sudah lewat periode menstruasi hampir 4 minggu. Jadi kalau dihitung mundur, sampai kehamilan minggu ke-10, aku masih mendapat menstruasi teratur 2 kali meski volume darah haidnya memang lebih sedikit. Makanya aku tidak menyangka hamil.

Justru di trimester ketiga ini, aku sering tiba – tiba kepingin makan sesuatu. Beberapa yang aku ingat adalah wajik, es krim, dan sambel goreng ati. Wajik aku sudah memakannya, meski masih kurang lezat rasanya, aku tidak tahu di Jakarta ini di mana bisa beli wajik Nyonya Week yang enak itu (favoritku sih yang warna ijo). Es krim, dari kantor aku mampir ke sebuah hypermarket dan membeli es krim rasa durian yang 500 ml. Aku hanya makan sedikit, dan sampai sekarang masih ada di freezer menunggu untuk dihabiskan (ini sudah hampir 4 minggu yang lalu). Sambel goreng ati, aku merasa begitu happy ketika diajak ke acara nujuh bulanan teman suamiku. Hidangannya adalah nasi liwet lengkap dengan ayam opor suwiran, telur opor, lalapan, dan…… sambel goreng ati krecek. Heaven! Tapi kan ngga mungkin aku habiskan sambel goreng ati krecek nan nikmat itu. Malu, kan banyak tamu undangan yang lain. Jadi besoknya aku masak sendiri sambel goreng ati sapi di rumah. Cukup banyak, dan beberapa aku makan tanpa nasi, sampai perutku panas kepedasan. Itukah yang dinamakan ngidam?  Kalo iya, untung  yang aku kepingin masih berupa makanan yang gampang dicari atau dimasak sendiri🙂. Lagian kenapa telat datangnya di bulan – bulan terakhir?

Gambar minjem dari Fotosearch.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s