Konsultasi ke-2 di Dokter ke-4

Akhirnya kami pilih persalinan di Rumah Sakit tempat Dokter  ke-4 berpraktek. Kalau dihitung dari jarak rumah di Bekasi, memang jauh. Siapa yang berani bilang Bekasi – Serpong tidak jauh? Dokter ke-4 ini pun sampai mempertanyakan lagi keseriusanku dengan keputusan ini. Tapi setelah aku jelaskan bahwa aku akan mengatur cutiku, bahwa suamiku justru bekerja di area Serpong sehingga akan lebih mudah untuk bergerak nanti saat the Big Day, dan bahwa aku tidak akan melaju dari Bekasi untuk mengejar ke Serpong mepet pada saat kontraksi nanti karena aku bisa stand by di rumah abangku selama menunggu saatnya tiba, akhirnya Dokter ke-4 memahami. Walau demikian, beliau masih merekomendasikan kawannya yang berpraktek di RS Mitra Keluarga Bekasi, yang dekat dari rumahku, untuk situasi darurat. Ini pesannya kepadaku,

“Kalau bisa sudah cuti di minggu ke-36 ya Mbak, karena saat itu bayi sudah bisa lahir sewaktu – waktu”.

Jadi di minggu ke-33 menuju 34 ini janinku berbobot 2.200 g. Normal. Berat badanku naik 1 kg, ini total sudah naik 10 kg dari berat badanku sebelum hamil. Berat janinku naik 900 g dari waktu konsultasi terakhir. Dokter mengingatkanku untuk banyak minum, paling tidak 2 liter sehari, supaya air ketubannya bagus dan cukup. Janin minum dari air ketuban, dan pipisnya juga terbuang sebagai air ketuban. Sayang wajah janinku kemarin tidak kelihatan, ia menutupinya terus dengan tangan, sepertinya sedang tidur. Ya sudah, mungkin 2 minggu yang akan datang aku bisa melihatnya lagi. Aku semakin mudah merasa capek. Hari Sabtu lalu, kegiatanku hanya tidur seharian.

Oh ya, selamat datang garis – garis halus di perut. Apa namanya? Strech marks? Tidak terlalu kentara, kalau dilihat di cermin serupa ada lekukan – lekukan halus saja di permukaan perutku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s