Gerakan Senam Hamil Favoritku

Di usia kehamilanku yang ke-31, pegal dan nyeri dahsyat mulai datang. Normal, dari beberapa literatur yang kubaca, itu karena janin bertambah besar (bisa bertambah sampai 200 g per minggu beratnya). Karena janin bertambah besar, otot – otot yang menyangga rahim menjadi tegang dan menimbulkan nyeri di perut bagian bawah. Sakit yang terasa di selangkangan (sehingga menyebabkan gaya berjalan ibu hamil, eh… saya, seperti orang habis disunat), disebabkan kepala janin mulai masuk ke jalan lahir, mungkin ia ngusrek – ngusrek di area panggul gitu ya… Pegal luar biasa juga jadi sangat terasa di tulang ekor, menjadikan duduk pun menjadi perkara yang tidak nyaman untuk ibu hamil. Ceritanya serba bingung, duduk lama pegel, berdiri lama (apalagi!) pegel juga, berbaring lama juga pegel… Huffff….

Banyak usahaku untuk mengurangi rasa tidak nyaman ini. Aku, setiap mau tidur malam mengoleskan minyak telon (soalnya ini yang aku punya di rumah) di bagian tulang ekor (pinggang belakang) dan perut bawah. Posisi tidurku miring, banyak yang bilang sebaiknya miring ke kiri, tetapi entah kenapa aku merasa nyaman dengan posisi miring ke kanan. Yah… gonta – ganti posisi saja, karena tidur semalaman dengan posisi yang sama juga berefek rasa pegal di bagian badan yang tertindih. Posisi tidur terlentang jarang  kupilih, tidak enak, beban janin terasa sekali berat menekan di sekitar pinggul. Aku menghindari posisi duduk ngelesot di lantai (pakai karpet gitu), karena akan menimbulkan nyeri luar biasa saat akan berdiri.

Di rumah, aku mempraktekkan beberapa gerakan senam hamil yang sudah diajari Ibu Bidan. Gerakan favorit pertamaku adalah berbaring terlentang di kasur, kedua kaki selebar bahu dan ditekuk, kedua tangan lurus di samping, kemudian tekan ke bawah area bokong dan tulang ekor, tahan sampai 8 hitungan sambil bernafas. Istirahat. Ulangi sampai 4 set.  Gerakan favorit keduaku adalah berbaring terlentang di kasur, kedua kaki selebar bahu dan ditekuk, kedua tangan lurus di samping, kemudian perlahan – lahan angkat bokong, lalu perut, lalu dada, sambil menarik nafas. Tahan posisi badan sampai 8 hitungan sambil menghembuskan nafas. Turunkan badan perlahan – lahan dari dada, perut, dan akhirnya bokong menyentuh kasur kembali. Istirahat. Ulangi juga sebanyak 4 set. Gerakan favorit ketiga, adalah untuk merelakskan otot betis. Sejak usia kehamilanku 5 bulan, betisku sering tiba – tiba kram saat tidur malam, sakitnya bukan main. Jadi sambil berbaring meluruskan kaki dan telapak kaki, tahan sampai 8 hitungan. Kemudian menarik telapak kaki ke arah atas sampai 90 derajat, tahan juga sampai 8 hitungan, adalah latihan yang sangat melegakan otot – otot betisku.

Buatku, gerakan – gerakan ini bisa mengurangi rasa pegal di punggung, tulang ekor, dan  kaki cukup signifikan. Jangan lupa minum susu. Aku biasanya melakukan gerakan – gerakan itu sepulang kerja, setelah mandi dan makan, jadi tidur malamku akan lebih nyenyak. Syukurlah, rasanya nyeri dan pegal hebat ini sudah berkurang akhir – akhir ini.

One thought on “Gerakan Senam Hamil Favoritku

  1. waah bgus bgt yah snam hmil ini utk ibu yg hml ternyata, pantesan istri pgin bgt snam hmil🙂
    btw sista dlm snam hmil ini apkh mmakai bju snam khusus ? klo ia dmna yah sya bsa bli baju senam berkualitas harga grosir ?
    mkasih🙂

    Waaah ga pake baju senam khusus kok, yang penting enak dipakai buat gerak… Saya sih dulu ya pake kaos+training panjang aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s