Sampai di Usia 31 Minggu

Janinku usianya sudah 31 minggu. Ia sudah cukup besar untuk menendang dan meninju dengan lebih keras. Kejutan bagiku, karena 2 hari libur kemarin aku benar – benar merasakan pegal dan nyeri yang belum pernah kurasakan sebelumnya. Susah payah aku jadinya berganti posisi dari duduk, berbaring,  dan berdiri. Sendi – sendiku terasa kaku, bahkan berjalan pun kaki – kakiku terasa nyeri. Sabtu malam itu aku tidur dengan suhu tubuh agak tinggi, meriang. Malam berikutnya aku buat bantalan kecil dari handuk  yang digulung, lalu aku pakai sebagai ganjal di tulang ekorku sekitar pinggul. Ini saran dari ibu instruktur senam hamil. Tidurku jadi lumayan nyaman.

Aku kira ini efek hamil yang berlebihan, atau karena vitamin yang dikurangi.  Tetapi hal ini wajar, karena pengaruh kekurangan kalsium dan produksi hormon estrogen pada wanita hamil. Ternyata dari sebuah forum, aku tahu ada ibu hamil yang sudah mengalami hal ini dari usia kehamilan 22 minggu. Oh, aku masih lebih beruntung rupanya, pegal dan nyeri hebat ini datang agak terlambat.

Kepingin dipijit trus tidur yang bener – bener lelap…

 

Leave a Reply

