Minggu ke-12, 13, dan 14

Tes dengan alat tes kehamilan yang dijual bebas aku lakukan. Dokter memastikannya melalui USG dua minggu kemudian. Katanya, janinku sudah di usia minggunya yang ke-13. Minggu ini adalah minggu ke-14 nya. Dokter bilang janinku baik – baik saja, meski dengan keheranan bagaimana bisa aku baru merasakannya setelah usianya 13 minggu. Tapi buatku itu saja yang penting : ia baik – baik saja.

Apa saja yang sudah janinku lalui?

Minggu ke-12. Wajah mungilnya sudah  lengkap. Begitu juga jari – jari mungilnya. Ususnya sudah ada di rongga perutnya. Jantungnya juga sudah berdetak. Ini semua terlihat waktu USG. Lucu. Proses penyempurnaan organ tubuh mulai, jari – jari kaki dan tangan, kelopak mata, telinga…

Minggu ke-13. Plasenta berkembang, perkembangan kepala lebih pesat dari pada yang lain, ukuran badannya juga mengejar pertumbuhan kepalanya.

Minggu ke-14. Lehernya semakin panjang dan kuat. Rambut halus mulai tumbuh di seluruh tubuh untuk melindungi kulit yang mulai tumbuh. Kalau janinnya laki – laki, kelenjar prostatnya berkembang. Jika janinnya perempuan, ovariumnya mulai turun dari rongga perut menuju panggul.  Detak jantung bayi mulai menguat.

Note : Beberapa informasi dan seluruh gambar diambil dari blog perkembangan janin.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s