T. O

T. O adalah Tutug Oncom. Dari kunjungan perdana saya ke Tasikmalaya, untuk nyekar ke makam Aki dan Nini calon pasangan saya. Baru kali ini saya makan nasi tutug oncom, meskipun sering lihat di list menu rumah makan Sunda, tapi belum pernah pesan.

Nasi T. O yang saya (Ibu camer saya deng…) beli ada di Jalan Kalektoran. Murah, Rp 2.500,- sebungkus. Warungnya ramai dan antri. Kesan saya, enak. Padahal isinya cuma nasi, tutug oncom, dan sambel. Terkesan dengan rasa baru, yang buat saya seperti aroma kencur, tapi ternyata bukan. Aroma kencur itu katanya dari umbi tumbuhan kecombrang. Saya tahu kecombrang, kembangnya dipakai sebagai salah satu campuran sayuran pada menu pecel, tapi belum pernah tahu umbinya dipakai juga sebagai bumbu masak. Uniknya lagi, aroma yang sama juga ada pada sambel rujak buah yang kami pesan. Pengalaman baru buat si lidah.

Leave a Reply

