(Hampir) Kehilangan Dompet

Siang tadi hujan gerimis. Payung, dompet, dan hape, cukup kerepotan saya membawanya, ditambah dengan harian Minggu favorit. Tapi bukan kebiasaan saya untuk membawa tas saat keluar rumah hanya untuk tujuan makan siang.

Sambil memegang payung, saya membalas sms dari kakak saya. Koran dan dompet masih teraba. Ah… ada mbak yang senyum ke saya di tengah perjalanan. Saya mengenalnya. Setelah berbasa basi sebentar saya meneruskan berjalan lagi, sambil melanjutkan ber-sms. Sms terkirim.

Tiba – tiba saya sadar dompet sudah tidak saya pegang. Pasti jatuh di jalan tadi. Panik. OK Mee… tenang, uangnya di dompet cuma ada 200 ribu, masih ada sedikit di laci meja kalau uang itu harus hilang, dan kartu kredit sudah tidak lagi ada di sana. Jadi aman. Yah…, tapi saya ingat ada kartu ATM… Saya bergegas berjalan balik sambil membuka mata lebar – lebar, jelalatan mencari bentuk kotak kecil berwarna coklat tua. Berdoa jangan sampai keduluan orang lain yang menemukan. Tapi di jalan seramai ini… Kalau memang tidak ketemu, saya harus blokir rekening. Duh repotnya…

Kemudian saya lihat di depan beberapa orang berkerumun. Si Bapak memegang dompet coklat saya, dan seorang Ibu, dan 2 orang remaja putri. Saya mendekat, tersenyum malu – malu.

Bapak, maaf itu dompet saya.

Wah… ini lagi saya tanyain sama mbak – mbak ini. Katanya bukan punya mereka. Lagi mau dicari ini kalau ada nomor yang bisa dihubungi. Punya mbak?

Iya, Pak.

Sebentar, namanya mbak siapa?

Meekaela.

Coba lihat, sama ndak dengan KTP nya?

Perempuan muda yang sepertinya mahasiswi itu membaca KTP saya di dompet.

Iya, betul.

Lega. Dompet itu diberikan ke saya, lalu saya pegang erat – erat. Saya mengucapkan terima kasih dan kami pun bubar. Dengan hati – hati saya selipkan dompet di saku celana, tangan saya masih memegang payung, hape, dan koran.

2 thoughts on “(Hampir) Kehilangan Dompet

Leave a Reply

