Seorang Pria dan Keluarganya yang Baik Hati

Pak Pitoyo akhirnya menawarkan rumahnya sebagai tempat menginap.

Kalau mau kondisi seadanya, Mbak. Silahkan menginap di rumah saya saja.

Rumah Pak Pitoyo ada kebun stroberi nya lho, Mbak…(yang ini kata Pak Ade, membujuk kami supaya mengikuti saran temannya saja).

 Tentu saja beliau tidak memaksa. Kami tetap boleh mencari penginapan di luar. Tapi kami iyakan saja tawarannya. Apa yang membuat kami percaya? Kami sama – sama orang Jawa. Rasis? Engga ah… Berasa akrab saja karena kami jadi bisa mencoba kemampuan bahasa jawa kromo inggil kami. Wuih, belepotan! Memalukan.

Rumah Pak Pitoyo bukan ‘seadanya’. Bagus. Nyaman. Saya menikmati parket di lantai dua rumahnya, kaki saya jadi hangat. Pemandangan bukit – bukit hijau terhampar luas, kebun stroberi ada di depan rumah di seberang jalan. Beliau ternyata hanya merendah saja mengatakan ‘rumah seadanya’.

 Teh manis hangat, senyum Pepsodent Bu Pitoyo… Bayangkan seorang wanita sederhana, keibuan, dan anggun tersenyum. Kata Wica serasa lihat artis secantik Widyawati… Saya malah berpikir, di dokter mana Ibu ini pasang kawat gigi, kok senyumnya bisa jadi sedahsyat itu… Keramahan Pak Pitoyo, guyonan asik dengan Mbak Mei… Priceless. Kami bertemu saudara baru di Cibodas.

 Ternyata masih banyak orang baik seperti Pak Pitoyo sekeluarga, yang tanpa sungkan dan curiga mengundang kami, 2 perempuan yang baru dikenalnya, menginap di rumahnya.

 Kapan – kapan kalau ke Cibodas lagi, mampir ke sini saja, Mbak…

 Itu undangan Bapak dan Ibu Pitoyo kepada kami ketika kami berpamitan keesokan paginya.

Kami masih diantar kembali ke Taman Cibodas dengan mobilnya. Ketika malam – malam kami masih di kereta dalam perjalanan kembali ke Jakarta pun, sms Pak Pitoyo masuk ke inbox saya, menanyakan apakah kami sudah sampai di rumah, naik apa pulangnya, mengingatkan supaya hati- hati di jalan, dsb.

Wah, nemu keluarga baru di Cibodas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s