Toko Oen

Toko Oen di Semarang, ada di Jalan Pemuda, atau dulu dikenal sebagai Jalan Bodjong.

Selalu, ketika saya sedang di Jakarta dalam rangka hidup dan bekerja, saya membayangkan dan berusaha mengingat – ingat : kalau nanti mudik ke Semarang, cobain makan di Toko Oen. Ajak Si Ndut ponakan baik hati sekaligus buat dijadiin tukang ojek huehehehe….

Sampai saya 8 tahun di Jakarta, rencana itu menguap entah ke mana. Kalau saya mudik ke Semarang, palingan mengunjungi E-Plaza. Untuk makan dan nongkrong, yah… Mall, McD, Pizza Hut, Food Court… Maklum ponakan saya itu remaja dan sekarang masih kuliah, tempat nongkrongnya ya yang saya sebutkan tadi itu. Sekalinya inget makan yang sok resto atau warung style, Pasar Semawis dan Resto Joglo yang dihampiri, mengikuti saran seorang teman. Toko Oen itu entah nyelip di memori saya yang sebelah mana… Bolak – balik ke Jalan Pemuda di depannya Toko Oen, ya malah beli lumpia Mbak Lien, atau McD, atau mampir Sri Ratu. Padahal sering dilewati, secara Papie saya hobi banget lewat Jalan Kauman yang sempit dan berkelok – kelok itu.

Akhir 2007 lalu, rencana gegap gempita yang saya buat untuk melewatkan malam terakhir di Malang dengan makan di Toko Oen Malang, juga gagal total. Rekan seperjalanan saya terkapar bed rest begitu kami sampai di hotel dari perjalanan panjang ke Batu. Saya akhirnya juga ikut berbaring mesra seranjang tertidur sejak sore, sambil mimpi melahap sepiring beef steak ala Toko Oen… Blas saya tidak bangun ketika sekitar jam 9 dibangunkan dan diingatkan tentang rencana makan malam itu. Saya pikir sudah kemalaman, saya ngantuk berat, dan saya juga tidak merasa lapar. Tapi esok paginya, saya bulatkan hati datang ke Toko Oen, sebelum cabut ke Surabaya ngejar pesawat, meski hanya mencicipi es krim dan sup asparagus saja, karena perut sudah terlanjur diisi makanan besar. Lumayan, mengobati rasa kecewa semalam.

Toko Oen ini teringat lagi karena seorang kawan mengajak cuti untuk mudik dan jalan – jalan ke Semarang. Itung – itung nostalgia jaman kuliah. Dan teman saya ini punya special request : ke Toko Oen ya, Mee…

Semoga gak lupa. Udah dapet tiket murah nih. Yuk mudik… Kek nya mesti pasang reminder di ponsel nih…

2 thoughts on “Toko Oen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s