Untuk V

Beberapa bulan ini V, aku mendengar gosip tidak enak tentangmu. Aku sendiri sampai merasa risih mendengar gosip itu. Dan karena aku menganggapmu sebagai adikku, kucari sebanyak mungkin informasi lebih jauh mengenai gosip ini.

Tidak usah marah, aku menggali gosip ini lebih dalam bukan untuk aku sebarluaskan, tapi agar aku tahu sebanyak mungkin apa yang dipikirkan orang – orang tentangmu, apa yang sesungguhnya terjadi, sejauh apa berita itu beredar. Jujur saja aku sedih sekali. Selama ini aku menganggapmu sebagai seorang perempuan dewasa yang akan sanggup menjaga diri. Tapi kok begini yang aku dengar…

Tidak usah marah. Orang – orang yang kutanya itu rata – rata malah hanya menjawab, “Ngga tahu tuh, Bu…” atau hanya mengangkat bahu. Mungkin mereka takut karena aku yang menanyakannya, atau sungkan bercerita yang sebenarnya kepadaku. Tapi tidak ada satu pun dari mereka yang meniadakan gosip itu.

V, jaga diri baik – baik ya. Aku sudah mengajakmu bicara kemarin, aku tahu kamu tidak suka. Aku sendiri juga tidak suka mencampuri urusan orang. Ini semata karena aku merasa kamu adalah adik perempuan yang perlu dijaga. Kalau yang mengalami ini adalah bukan kamu, aku tidak akan ambil pusing.

Aku lega kemarin kamu bilang memang tidak ada apa – apa, dan tidak mungkin akan ada apa – apa. Itu cukup buatku, aku menganggapmu mampu bertanggung jawab akan apa yang sudah kamu bilang kepadaku. Aku hanya bisa mengingatkanmu, menyuruhmu intropeksi. Kan tidak akan ada asap kalau tidak ada api…

Status di facebook-mu hari ini membuatku sedih. Kamu menganggap ini hanya soal iri – irian dan gosip – gosipan. Mungkin memang betul. Tapi nama baikmu lah yang tercemar, V. Menurutku ini bukan masalah sepele. Makanya aku minta kamu intropeksi diri. Jauhi saja orang itu kalau perlu. Hanya itu yang bisa aku sarankan.

Semoga semuanya akan baik – baik saja ya. Aku juga akan mengusahakannya untukmu.

 

Leave a Reply

