Catatan Keuangan Pribadi

Cukup terlambat saya baru mulai mencatat detail keuangan saya di tahun 2009. Biasanya ngga pernah, cukup secara grambyangan saja di kepala. Sekian, sekian, sekian… Yah meleset plus minus beberapa puluh ribu Rupiah, cincai sajaaaa… Tapi ajaib, setelah detail mencatat semua pemasukan dan pengeluaran selama 2 bulan terakhir, saya jadi tahu pos pengeluaran apa yang terbesar, bahwa pengeluaran pokok saya ya cuma segitu – segitu saja, saya jadi tahu di pos pengeluaran yang ini seharusnya bisa ditekan, sehingga bisa menambah jumlah yang untuk disimpan. Padahal, tahun lalu saya pernah dikirimi soft copy Excel catatan keuangan pribadi yang bagus banget dari JC KoKi. Belum pernah dipakai… Mungkin kalau sudah lebih banyak pos – pos nya saya akan gunakan file itu.

Saya kira masih jauh dari sempurna, sangat sangat sederhana. Tapi pos – pos yang saya buat adalah seperti ini :

Pemasukan. Bisa dari gaji, dan tunjangan – tunjangan.

Pengeluaran. Kebutuhan Pokok, Transportasi, Akomodasi, Hiburan & Buku, Perumahan, Tabungan & Asuransi, dan Miscellaneous (ini untuk pengeluaran yang tidak bisa dimasukkan kategori yang sudah ada).

Simpel kan? Kalau sudah berumah tangga nanti, pasti lebih banyak lagi pos – pos yang harus dibuat.

3 thoughts on “Catatan Keuangan Pribadi

  1. Kalau sudah berumah tangga nanti, pasti lebih banyak lagi pos – pos yang harus dibuat??

    hehe kata siapa? bini gw mah males mencatat,sampe sekarang gak pernah tahu persis pos-pos itu, kecuali pos surat dan pos kamling🙂

    yg tercatat dgn baik cuma pos investasi,itu pun karena rutin dikirimi sm sekuritas😀

    Hehe beda – beda style kali ya… File Excel yang aku dikasih itu, waduh… sampe kagum saking ‘nrithik’ nya…

  2. Mee, aku dibagi dong file excel-nya… hehehe..
    i desperately need that….
    ^.^V

    File nya yang dari JC aja ya? Tak kirim nang email mu wes, Rat…

Leave a Reply

