Semua Pembeli Senang Dimanja

Pepatah bilang “Pembeli adalah Raja”. Tapi tidak semua orang, penjual, orang marketing, dan lain – lain yang tahu artinya. Raja adalah Raja, yang suka dilayani, diberi pujian, diberikan yang terbaik.

Dalam sebuah perjalanan survey lokasi perumahan bersama sahabat saya minggu lalu, saya bete luar biasa. Selain jarak ke lokasi yang menurut saya jauh (meskipun jalanan lancar, harus ditempuh 1,5 Jam dari Senayan dengan bermobil, membuat teman saya ilang feeling), marketer dan supir yang menemani kami pun benar – benar bukan ‘pelayan’ yang baik. Kondisi mobil yang panas (AC-nya ngga dingin), jadi di siang terik itu, kami bagaikan musafir yang sedang puasa. Ditambah lagi supirnya minta ijin merokok dan minum di depan kami (yang notabene sedang berpuasa) sambil mengemudi dengan alasan mengantuk kalau mulutnya tidak mengepulkan asap. Mengenaskan…

Saya bandingkan dengan aktivitas yang sama 4 bulan yang lalu antara saya dengan developer yang berbeda. Pak supirnya mengajak saya mengobrol, memberi informasi yang saya perlukan (padahal kalau dia tidak bisa memberi jawaban, saya akan maklum), membukakan pintu mobil, mengantar saya ke lobi Marketing Office, sampai mempertemukan saya dengan orang dari divisi marketingnya. Sopan sekali. Pulangnya pun, karena jalan macet, saya diantarkan sampai turun di halte di mana saya mudah menyetop taksi. Saya tidak terlantar sekejap pun.

Hasil akhirnya, saya rela membayar booking fee. Teman saya tidak mau, meski sudah dipaksa dan dirayu dengan gaya dangdut oleh marketer lainnya yang lebih senior. Mungkin, dia juga terlanjur bete, sama dengan saya.

Leave a Reply

