Schizophrenia

Adalah suatu diagnosa psikiatrik yang menggambarkan penyimpangan mental dengan gejala umum seperti halusinasi, paranoid, percakapan dan pemikiran yang tak teratur, delusionis dalam konteks sosial. Umumnya gejala mulai terjadi pada usia muda, usia produktif.

Tidak mudah hidup bersama schizophrenia. Ada satu orang di keluarga saya. Cukup membuat repot. Apalagi biaya pengobatannya mahal dan memerlukan waktu panjang. Belum lagi kambuh – kambuhan. Menjengkelkan memang. Sudah 10 tahun berlalu dan tidak terjadi kemajuan berarti, terkadang membuat saya frustasi dan ingin pergi jauh. Tapi sikap sabar dan ikhlas Ibu saya membuat saya berhenti dan mau kembali menengok ke belakang, menemani beliau lagi menghadapi semuanya.

Saya perlukan keajaiban.

2 thoughts on “Schizophrenia

  1. Iya, setuju sama endang..Kita harus tabah dan sabar menghadapi mereka yang menderita penyakit seperti itu. Apalagi sama saudara sendiri. Cuma kita yang terdekat dan siapa lagi yang peduli? Seseorang kan tidak pernah menginginkan suatu penyakit itu ada pada dirinya. Terus semangat dan terus berbagi ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s