Memasak di Rumah Itu Mahal

Long weekend kemarin saya bertamu ke rumah kontrakan baru teman saya. Lega rasanya tidak harus mandi sauna seperti kalau saya dolan berkunjung ke kos lamanya. Dengan harga yang setara, rumah itu terasa lebih nyaman, kamar mandi sendiri, ada dapur, dan tidak sumuk.

Ketika saya melewati dapur menuju ke kamar mandi, saya lihat boks kompor gas, sepertinya baru dan belum dipakai. Sejauh obrolan berlangsung, akhirnya dia buka topik mengenai kemungkinan memasak sendiri di dapur mungilnya. Kompor gas sudah terbeli, tapi yang tidak disangka harga tabung gas baru dan isinya (yang berwarna biru) ternyata sudah Rp 800 ribu.

Hah?!! Saya juga ndlongop. Perasaan ibu saya di Semarang beli masih harga Rp 280 ribuan.

“Berapa tahun yang lalu itu, Neng?”, teman saya meledek.

“Tidak lama, paling lama 2 tahun yang lalu. Kayaknya sih….”, saya menjawab.

Obrolan kemudian berlanjut ke kinerja BUMN yang mengelola distribusi gas LPG secara nasional. So, minyak tanah dijual mahal, rakyat disuruh pindah memakai gas, harga gasnya sekarang tidak terjangkau… Bener – bener deh… Susah memang jadi rakyat Indonesia. Katanya sudah merdeka 63 tahun… Kemarin rame banget pada lomba balap karung sampai jalan untuk umum pun ditutup…

Tadi pagi obrolan ini saya konfirmasikan dengan teman yang juga berprofesi sebagai istri. Ternyata di agen dekat rumah dia malah sudah Rp 1 Juta harganya.

Apalagi tahun depan ya? Jadi kalau tahun depan saya mau menempati rumah baru, siapkan Rp 2 Juta untuk persiapan memasak di rumah. Padahal, saya paling banter masak sayur bayem atau tumis kangkung…

 

2 thoughts on “Memasak di Rumah Itu Mahal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s