Tentang Listrik -Antara Byar & Pet-

Krisis energi terutama energi listrik, sepertinya Indonesia mengalaminya lebih cepat dibanding negara lain di dunia. Minggu lalu, seorang teman yang tinggal di Bogor, berkantor tetap di Jakarta, dan memiliki pekerjaan kedua di Bandung, mengirimkan sumpah serapah.

“Capek – capek saya nyetir ke Bandung bangun Subuh, sampai sini ngga bisa kerja.”

“Kenapa?”

“Mati lampu. Kata kawan saya di sini, Bandung sering mati lampu. Bingung saya, lalu kantor ini ngerjain apa selama ini?”

Kemarin, rekan kerja saya menelepon klien yang berlokasi di Bandung.

“Bu, untung nelponnya jam segini. Kalo agak siangan, saya mungkin udah ngga ada di kantor”.

“Memangnya kantornya tutup jam berapa?”

“Di Bandung sering mati lampu sekarang. Jadi kalo mati lampu, karyawan dipulangkan saja setengah hari”.

“Sering, gituh?”

“Bisa tiga kali seminggu”.

Sudah jelas produktivitas menurun kan? Itu di Bandung loh, sepelemparan batu saja jaraknya dari Jakarta. Pengelola negara pasti sudah memikirkannya. Tapi saya tidak tahu sudah sampai sejauh mana. Nuklir jelas didemo, padahal potensial. Bahkan dari perbincangan saya dengan seorang petinggi institusi nuklir di Indonesia, negara tetangga sudah mencanangkan akan memiliki PLTN dalam 10 tahun ke depan aka tahun 2020. Mau tahu? Dengan bantuan otak para insinyur nuklir Indonesia yang pintar – pintar itu…🙂.

Angin? Matahari? Air? Indonesia punya banyak potensi sebetulnya. Tinggal kemauan untuk maju atau tidak. Baru dirasani, kok sudah ada berita menyedihkan lagi?

2 thoughts on “Tentang Listrik -Antara Byar & Pet-

  1. mungkin krn disini baru nguap dikit aja demonya udah sampe ancur2an….boro2 realisasi, mau mikir aja udah males kali,takut didemo mulu….

Leave a Reply

