Montor Mabur Adam

Membaca berita perkembangan kecelakaan pesawat Adam Air lebih dari setahun lalu di perairan Majene Sulawesi yang menghebohkan itu, menyayat hati. Coba baca di Kompas dan cerita lanjutannya di Kompas juga. Pasti sebenarnya apa yang menjadi penyebab kecelakaan itu sudah diketahui dari dulu, jadi tak perlu lah sampai paranormal turun suara unjuk kebolehan seperti waktu itu. Hanya entah karena alasan apa, kok baru dibuka blak – blakan sekarang – sekarang ini, setelah perusahaan montor mabur Adam ini mau ditutup. Kok ya ngga kasihan sama keluarga para korban, yang terus penasaran… Saya membayangkan detik – detik akhir terhempasnya pesawat ke permukaan laut dengan kecepatan 1.000 Km per jam itu pasti sangat dramatis dan membuat panik pilot, ko-pilotnya, flight attendants, dan penumpang, pasti. Seperti film laga Hollywood saja.

Di National Geographic atau Discovery Channel, kayaknya mereka punya acara yang mengupas tentang kecelakaan – kecelakaan di dunia penerbangan, terutama pesawat komersial, yang banyak memakan korban. Saya pernah menonton salah satu episode nya, yang hasil investigasinya berujung dengan pengembangan teknologi penerbangan. Begitulah.

Kira – kira, mereka mau ngga melakukan riset dan investigasi tentang kecelakaan pesawat Adam Air ini? Mungkin tidak, sudah jelas penyebabnya. Kerusakan alat, tapi pilot tetap dipaksa terbang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s