Ke Bandung Naik Kereta

Naik kereta api tut… tut… tut…, Siapa hendak turut, Ke Bandung, Surabaya, Bolehlah naik dengan percuma, Ayo kawanku lekas naik, Keretaku tak brenti lama….

Long weekend 3 hari, ditambah cuti sakit 1 hari membuat hari – hari saya membosankan. Setelah bed rest 2 hari dan minum obat yang bikin mual itu, saya ingat informasi dari internet tentang potongan harga 50% untuk tiket kereta api Jakarta – Bandung. Menarik kali ya, ke Bandung naik kereta, belum pernah dan patut dicoba nih kayaknya… Penggalan lagu masa kanak – kanak itu segera akan menjadi kenyataan….

Segera saya kontak teman – teman saya, siapa tahu mau bergabung. Tapi nampaknya mereka punya agenda sendiri, selain, mungkin sudah bosan main ke Bandung. Haha, saya putuskan sendirian saja deh jalan – jalannya… Jumat siang itu saya ke Jatinegara beli tiket, lumayan, untuk tiket Argo Gede Jakarta – Bandung – Jakarta seharga Rp 90.000,-.

Sabtu pagi jam 6.30 saya berangkat dari Jatinegara. Niat saya naik kereta adalah menikmati pemandangan sawah – sawah dan bukit – bukit sepanjang perjalanan. Bagus juga, sawah masih berpadi hijau, dan cuaca tidak hujan, meskipun mendung dan gerimis rintik – rintik. Tidak perlu ke Ubud Bali untuk melihat terasering sawah, di daerah sekitar Purwakarta juga ada, meski tidak luas. Belum terpikir nanti akan ke mana saja saya di Bandung, cuma Factory Outlet saja yang terlintas di pikiran saya. Sampai di Bandung jam 9.30, saya pakai taksi dan minta diantar ke Museum Geologi, diputuskan di detik – detik terakhir, karena teringat brosur museum – museum di Indonesia yang saya ambil sewaktu mengunjungi Museum Bank Mandiri. Masa pagi – pagi sudah mau langsung ke FO hehe… Semoga museum ini tidak membosankan.

Dan ternyata tidak. Meski agak ramai pengunjung pelajar – pelajar dari Jakarta, Bandung, dan sekitarnya, Museum Geologi tetap asyik dinikmati. Gratis, ngga dipungut biaya, cuma isi buku tamu saja. Banyak informasi penting, dari fosil – fosil binatang dan tumbuhan, sejarah manusia, sejarah bumi, bermacam jenis batu – batuan, sampai geologi sebagai industri dan manfaatnya untuk kehidupan manusia. Yang paling menarik, tentu saja replika Tyranosaurus dan binatang – binatang purba seperti gajah dan kerbau. Yang punya keponakan, anak, calon keponakan, anak tetangga, dsb, bisa main – main ke sini, bagus kok!

Jam 11.00 siang kunjungan ke Museum selesai. Saya jalan kaki ke Museum Pos Indonesia, sayang hari Sabtu tutup, jadi saya meneruskan jalan kaki ke jalan besar depan Kantor Telkom, mau langsung ke Jalan Juanda saja untuk makan siang, dan mengunjungi FO di sana.

Dari jam 1 siang sampai jam 5 sore, kegiatan saya cuma keluar masuk FO, beli yang layak dibeli. Yah, cuma gitu doang… Sorenya jadi lapar lagi, kebanyakan jalan kaki! Jadi sebelum ke Stasiun, saya sempatkan menikmati semangkuk batagor kuah, masih di Jalan Juanda.

Jam 6 petang saya sudah sampai di Stasiun Bandung, menunggu keberangkatan Argo Gede jam 18.30 ke Jakarta. Di ruang tunggu, saya mengobrol dengan seorang Ibu dari Surabaya yang sedang menunggu kereta juga. Di akhir perbincangan kami, saya mendapat do’a yang tulus : agar saya selamat dalam perjalanan pulang, perempuan yang pergi sendirian, sambil mencium pipi saya kanan dan kiri. Pfff, saya gemetar mendengar do’anya dan nyaris menyesal memutuskan jalan – jalan sendirian hari ini, selain jadi parno membayangkan perjalanan sendirian saya yang paling tidak masih akan berlangsung 4 jam lagi…

Perjalanan malam hari, saya hanya bisa melihat lampu – lampu mobil di tol Cipularang dari kereta. Malam hari jam 21.30 saya sudah sampai lagi di rumah. Tidur ah… Besok pagi saja saya bereskan bungkusan belanjaan dari Bandung ini…

2 thoughts on “Ke Bandung Naik Kereta

  1. Hi, saya dari Johor Bahru Malaysia ingin mencari kenalan di jakarta juga bandung kerana ada rancangan untuk berlibur disana. Sila kirimkan email kepada saya kepada sesiapa yang sudi. terima kasih. hp 60137755088.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s