Vitamin D Menurunkan Resiko Kanker

Ternyata, resiko terkena penyakit kanker payudara dan kolon berkaitan dengan kadar vitamin D dalam darah. Ini kata sebuah artikel yang saya baca di majalah Doctor’s Guide edisi Desember 2007.

Beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin D berperan penting dalam resiko kanker. Dari data yang ada, jumlah kasus kanker misalnya kanker payudara, kolon, dan ovarium lebih tinggi terjadi di daerah dingin dengan sedikit sinar matahari dibanding daerah dengan banyak sinar matahari. Sinar matahari sendiri berperan dalam merangsang sintesis vitamin D dalam kulit, dan orang yang jarang terpapar sinar matahari mempunyai sedikit vitamin D dalam darahnya.

Untuk memperjelas hal ini, para peneliti mengumpulkan data kadar vitamin D dalam darah pada masyarakat dari 15 negara dan kaitannya dengan kanker payudara dan kolon. Data penelitian mengisayaratkan bahwa kasus kanker cenderung menurun seiring dengan peningkatan kadar darah vitamin D.

Jadi, ada untungnya juga ya kita terpapar sinar matahari. Tapi jangan lama – lama, cukup 10 – 15 menit di pagi hari, biar ngga kepanasan dan kulit jadi hitam.

Pic is taken from jupiterimages.