Jawa

Untuk saya, kesukuan sudah tidak penting lagi. Tapi untuk beberapa orang, it still does matter.

Sewaktu saya mulai memasuki dunia kerja, isu mengenai suku di kantor sudah sampai di telinga saya. Saya cuek saja, tetap bekerja dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. ;-P.

Sebuah obrolan yang saya dengar di angkutan umum antara supir dan temannya, mengatakan bahwa mungkin negara ini akan lebih baik kalau Presidennya dari tanah Batak. Alasannya sederhana, bertahun – tahun negara ini dipimpin orang Jawa dan tidak belum maju. Lalu mereka minta persetujuan saya : Betul kan, Kak? Mereka pasti tidak tahu saya orang Jawa. Saya sering dikira orang Manado.

Saya pernah ngobrol dengan supir taksi yang saya tumpangi, dan dia menceritakan kisah cintanya yang tragis ditolak mertua karena dia Sunda dan gadisnya Jawa. Kemudian dia menanyakan : Apa benar perempuan Jawa tidak mau boleh menikah dengan laki – laki Sunda, Mbak? Kalau iya kenapa? Saya tidak tahu. Tapi supaya dia tidak tambah trauma dengan gadis Jawa, saya menjawab bahwa saya justru tahu beberapa cerita pernikahan yang sukses antara Jawa – Sunda, mereka orang tua teman – teman saya.

Keluarga saya sendiri pun tidak lepas dari isu suku ini. Kakak ipar saya pernah menasehati supaya saya mencari suami orang Jawa saja, tentu saja karena saya juga Jawa. Tapi saya sebenarnya geli, secara kakak ipar saya itu sebenarnya juga sudah campuran Jawa – Ambon, kok dia tidak menyarankan saya mencari suami orang Ambon ya? Teman – teman Jawa saya yang sudah menikah mendahului saya, suami – suaminya juga orang Jawa.

Saya? Tidak memilih berdasar suku semata. Nantilah bakal ketahuan, Jawa atau bukan suami saya.

Leave a Reply

