Mee dan Kondangan

Kapan terakhir saya kondangan? Mmmm… bentar… mikir dulu… Bulan Januari lalu, waktu sahabat baik saya menikah. Kemaren saya kondangan lagi, diajakin teman. Bukan jauhnya yang saya mau keluh kesahkan -Baidewei saya perlu 5 jam untuk perjalanan pergi-pulang kondangan. Hah!-. Tapi masalah lokasi tamunya yang dipisahkan laki dan perempuan. Hey… ini kan masih Bogor, negara Indonesia Raya, belum di Arab kan?

Jadinya ya gitu deh… saya bete mutlak di tempat kondangan. Tengok kiri, senyum, ngga kenal. Tengok kanan, senyum, ngga kenal juga. Maklum, saya ngga kenal kedua mempelai dan kedua orang tuanya juga. Mana saya adalah satu diantara kurang dari 1% dari tamu wanita yang tidak berbusana muslim. Ah…, suatu hari nanti, kalo saya ngundang orang, saya ngga mau misahin tamu – tamu saya dengan pasangannya. Kasihan, pasti mereka jadi bete seperti saya kemaren. Untung sudah ada teknologi cell phone. Yang tidak punya? Silahkan mampir ke meja penerima tamu untuk mengumumkan bahwa Anda sudah menunggu pasangan Anda di pintu masuk, bersiap untuk pulang.