TELESINDO SHOP Sebuah Komplain

Ponsel Samsung berusia 2 tahun itu rupanya minta pensiun. Atau, mungkin sedikit manja minta di-recharge pakai charger baru. Yang jelas, Sabtu kemarin rasanya sepi sekali tanpa ponsel. Apalagi ketika memanfaatkan beberapa menit sisa baterai, mengecek, dan menemukan rekaman banyak sms dan panggilan tak terjawab, beberapa diantaranya dari klien. Sudah tanggung jawab saya untuk segera merespon klien, untuk itulah saya dibayar. Ya sudah, diniatkan saja beli ponsel baru, tidak usah yang mahal, kan ekonomi sedang sulit…

Sabtu siang itu, saya belanja di Telesindo Shop Plasa Arion Lantai 1. Saya bayar ponsel Samsung SGH-F250, setelah yakin semua fiturnya bisa beroperasi normal.

Sesampai di rumah, baru saya temukan defect di body casing-nya yang samping. Kok bisa ya barang defect begini lolos Quality Control? Saya telpon toko itu kembali, dan saya dihubungkan dengan karyawan toko yang melayani pembelian saya tadi siang, IQBAL namanya. Saya jelaskan permasalahannya, dan saya sampaikan keinginan saya untuk mendapatkan kompensasi dari toko. Bisa ngga ya diganti yang baru? Masa situ jual barang yang ngga mulus? Saya kan beli ponsel baru. Toh saya baru beli tadi siang. Jawabannya menyebalkan, intinya toko tidak bisa mengganti, tidak bisa membantu apapun, karena tanggung jawabnya hanya menjual barang, dan box masih dalam keadaan tersegel ketika dibuka.

“Saya ingin bicara dengan Manager Anda”.

“Di sini ngga ada Manajer, Bu. Semuanya karyawan, levelnya sama”.

“Leader juga ngga ada? Masa ngga ada yang punya tokonya? Kantornya di mana?”

“Kami di sini ngga pernah berhubungan dengan kantornya”.

Lha kok kayak perusahaan siluman? Pemilik dan manajemen toko adalah The Untouchable. Takut menghadapi pelanggan cerewet macam saya? Hohoho… baru merasa saya berhadapan dengan tembok, dengan jawaban yang berputar – putar dan itu – itu saja, kepala saya jadi pening. Dan ketika saya baca di struk pembeliannya :

TERIMA KASIH ATAS KEDATANGAN ANDA
BARANG YANG SUDAH DIBELI
TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN/DITUKAR

Itu dia senjatanya. Jaman global begini masih saja berbisnis dengan merugikan pelanggan secara sepihak. Jadi, apa daya tariknya belanja ponsel di TELESINDO SHOP, coba? Bahkan di struk pembelian yang saya terima tidak mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Saya beruntung saja, sewaktu cek telepon masuk, Iqbal menelepon ke ponsel saya.

Update :

So, saya hubungi Samsung Centre ITC Roxy Mas Sabtu sorenya, tapi saya diminta menghubungi lagi hari Senin (soalnya waktu itu sudah jam 16.45 WIB). Hari ini pagi tadi saya telpon kembali, dan bagusnya langsung dihubungkan ke leadernya, Ibu Erica, yang dengan sigap membantu. Menurut beliau, seharusnya toko bisa mengganti saya dengan produk baru. Toh produk yang defect ini akan dikembalikan ke Samsung melalui distributor. Jadi, dalam kasus seperti ini, tidak ada pihak yang dirugikan. Apalagi untuk toko resmi sebesar Telesindo, menurut Bu Erica seharusnya mereka tahu mekanisme seperti ini. Ibu Erica kemudian menawarkan diri menghubungi Telesindo Shop Plasa Arion Lantai 1 di 021 – 4713178.

Tenggang satu jam, Bu Erica menelepon saya. Beliau putus asa juga dengan Telesindo, tidak ada solusi dari Telesindo. Sama seperti saya, berhadapan dengan tembok, tidak bisa membantu, bahkan minta dihubungkan dengan person in charge semacam Managernya atau apanyalah, tetap tidak bisa. Cuma bisa berhubungan dengan karyawan tokonya saja :-(. Pastilah dia tidak bisa membantu…

Akhirnya komplain saya diselesaikan dengan Bu Erica, saya akan mendapatkan casing baru, meskipun sebenarnya itu tidak termasuk dalam garansi, tetapi saya tidak dibebankan biaya apapun.

Ya sudah lah… Tapi saya tidak akan belanja ponsel lagi ke Telesindo.

3 thoughts on “TELESINDO SHOP Sebuah Komplain

  1. makanya kalo beli hp dipastikan dulu ditempatnya >_<. penjual mana bisa buka hp yang disegel. situ yang pilih, situ yang marah.. ahuahuaha, coba anda yang di posisi penjual^^ and try. peace…

    Iya peace. Kan ngga lagi perang….
    Bukan masalah salah pilih kok. Saya sudah pilih toko yang gede, dengan harapan pelayanannya akan lebih baik. Bahkan Manager yang dari Samsung itu juga bilang hal yang sama. Tapi bahwa ada jaminan ganti dari Samsung nya dan mereka tetep ga peduli, itu yang bikin bingung. Orang Samsung sudah hubungi mereka dan menegaskan bahwa barang bisa dibalikin ke Samsung lagi kok, ga masalah. Artinya hak saya sebagai konsumen sudah diabaikan toh? Atau salah satu dari mereka yang salah ngomong ke saya?

  2. ahh mba aja yg salah, klo beli ga dicek dulu, saya ga pernah kecewa beli ditelesindo. kalo udah sampai rmh, sdh susahlah. klo mau su’ujon, bisa aja mba yg jatohin hp nya. maka nya tertulis klo sdh dibeli tidak dpt ditukar kembali, dari situ hrsnya kita bisa antisipasi dgn cek kondisi hpnya sblm kita bw plng. pasti mba kan boleh liat hp itu sblm dibawa plng. ini pelajaran jg buat semuanya, agar lebih teliti sblm membeli.

    Mungkin lupa nge cek sayanya, udah lupa udah lama banget. Hp tidak jatuh, masih ada sampai sekarang dan masih berfungsi baik. Untung waktu itu direspon dengan baik sama samsung centre-nya. Thanks for visit & comment.

Leave a Reply

